Jangan takut menikah


Menikah memang sesuatu hal yang sudah menjadi budaya. Tanpa beragama manusia masih bisa menikah dengan atau menggunakan syarat dan ketentuan. Bagi setiap manusia yang menginginkan bahtera rumah tangga tentunya harus melewati tahapan demi tahapan. Hal tersebut merupakan keharusan yang sudah menjadi kultur bagi setiap pelaku agama dan orang yang mempunyai kewarganegaraan.

Permasalahan yang sering timbul dalam pernikahan sering bermunculan kepada masyarakat yang belum sama sekali memikirkan pernikahan tersebut. Dalam Al-quran terdapat beberapa ayat yang menjelaskan bagaimana pernikahan menjadi salah satu sunnah yang mendekati wajib. Konteks yang terkandung dalam kitab suci ini mengisyaratkan makhluk untuk segera menunaikan pernikahan setelah menginjak usia matang atau baligh.

"Semoga Allah SWT menghimpun yang terserak dari keduanya memberkahi mereka berdua, meningkatkan kualitas keturunan mereka menjadikannya pembuka pintu-pintu rahmat, sumber ilmu dan hikmah serta pemberi rasa aman bagi umat." Doa nabi Muhammad SAW pernikahan putrinya fatimah Azzahra dengan Ali bin Abi Thalib.

Umat nabi Muhammad SAW sudah sangat jelas dengan pernikahan memberikan peluang besar dalam membentuk generasi berkualitas. Dan ditambah dengan petunjuk dari Al-quran yang terkandung pada surat Arrum ayat 21.

Kebanyakan orang menganggap pernikahan itu sulit. Karena kultur pernikahan dilaksanakan, persiapan matang, apalagi untuk pesta pernikahan. Tak banyak mengeluarkan biaya yang cukup mencengangkan. Budaya yang sudah ditanamkan oleh sebagian masyarakat menjamur kemana-mana.
 
Banyak juga yang gagal menikah diakibatkan tidak percaya diri untuk memulai. Terus dipikirkan malah membuat semakin berpikir dan terus berpikir tanpa ada kejelasan. Pelaku dari kerisauan itu sudah banyak dihinggapi pada usia matang. Mematangkan diri demi memantaskan pernikahan membuat semakin banyak pertimbangan.

Dalam tulisan kali ini upgrade hati mengambil hikmah bahwa pertimbangan memang penting, namun lebih penting lagi menghalalkan terlebih dhulu pasangan yang sudah siap untuk dinikahi. Jangan pernah takut terhadap situasi-situasi yang belum sama sekali dilakukan. Niatkan dalam hati bahwa nikah adalah ibadah penyempurna dan selalu berharap kemudian tawakal terhadap Allah SWT.
Previous
Next Post »

Sehat sebelum sakit

Hai sahabat, kali ini ane mau berbagi mengenai sehat sebelum sakit. Seringkali kita lupa dengan yang satu ini, ketika kita sedang...